1001 Pantun Jenaka Anak Sekolah Dasar SMP SMA [BARU]



•*¨*•♫♪。✿  Pantun lagi pantun lagi. Sekarang mari kita belajar pantun jenaka sekolah dasar.

Nanti setelah belajar, diharapkan kita bisa membuat pantun jenis ini dengan mudah. Jadi ketika gurumu meminta, "Buatlah, carilah, dan buatlah pantun!" maka kamu sudah bisa membuatnya.

Pantun jenaka adalah pantun lucu, homor, kocak, dan membuat kita tertawa. Biasanya di Sekolah Dasar kita mempelari jenis pantun itu dan pantun nasehat.

Berikut ini beberapa bait kumpulan contoh masing-masing pantun jenaka anak.




Contoh Pantun Jenaka Anak SD Kelas 4 



Berikut ini beberapa contoh yang diambil dari buku pelajaran. Ya, tentunya buku pelajaran yang jadul banget. 

Buku-buku pelajaran di tahun 90-an. 

Yuk kita simak baik-baik. Lihat juga gambarnya bukunya.


pantun jenaka anak sekolah dasar kelas 4,5,6 smp sama dan anak muda



[1]

Di sana kosong di sini kosong
Tidak ada batang tembakau
Bukan aku berkata bohong
Ada kata memikul kerbau


[2]

Kenek bis masuk gua
Pulangnya naik kereta
Biar nenek sudah tua
Kakek akan tetap cinta


[3]

Burung pipit turun ke rawa
Kakinya panas kena belerang
Nenek sedih jadi tertawa
Melihat kakek main kelerang


[4]

Sisa kue sudah basi
Piring kaca susun berangkap
Sejak ayam jadi polisi
Banyak elang yang tertangkap


[5]

Kalau ketam pergi ke rawa
Lintah turun ke dalam kali
Kalau monyet sedang tertawa
Mukanya lucu sekali


5 Bait pantun di atas merupakan pantun jenaka anak yang berhubungan dengan dunia binatang. Kalau orang tuamu tidak pernah mendongeng sebelum tidur, mungkin kamu tidak akan tahu letak kelucuannya. 








Kumpulan Pantun Jenaka Anak Kelas 5




Kamu masih duduk di bangku kelas 5? Kamu pasti mempelajari pantun. Pantun merupakan jenis puisi lama.

Jadi kalau kamu belajar puisi, syair, gurindam, dan sejenisnya maka kamu pasti juga belajar pantun juga.

Dan kalau sudah mempelajari pantun, kamu pasti memahami berbagai macam jenis pantun. Kalau belum tahu kamu bisa baca Jenis-Jenis Pantun Dan Contohnya.

Dengan memahami berbagai macam jenisnya, kita akan lebih mudah membuatnya. Sekarang mari kita lihat contoh-contoh pantun jenaka anak.


[6]

Ingat dongeng batu belah
Sungguh asyik ceritanya
Terburu-buru pergi sekolah
Ternyata lupa pakai celana


[7]

Kucing bermain dengan tali
Kera duduk membaca koran
Bagaimana hati tak geli
Kepala botak suka sisiran


[8]

Malam hari banyak nyamuk
Nyamuk takut burung perkutut
 Badan kamu memang gemuk
Tapi sayang suka kentut


[9]

Berenang jauh para ikan
Mereka main hatinya senang
Badan kurus kurang makan
Kalau ditiup goyang-goyang


[10]

Pohon kelapa dipanjat ketam
Ia jatuh ke dalam kolam
Ada enaknya berkulit hitam
Bisa sembunyi disaat malam



Pantun Jenaka Anak SMP Tentang Kebersihan



Pantun yang berisikan kelucuan, humor, yang diharapkan dapat membuat suasana menjadi riang dan ceria disebut pantun jenaka.
Selain di sekolah dasar, kita mempelajari jenis puisi lama ini di SMP. Sebenarnya tidak jauh berbeda.

Yang membedakannya adalah tema.

Untuk anak SMP, temanya tentang remaja, kebersihan, disiplin, dan lingkungan.

Jadi kadang-kadang kita perlu membuat pantun lucu tentang kebersihan kelas dan lingkungan sekolah.

Sekarang:

Kita akan mencoba membuat pantun jenaka bertemakan kebersihan...•*¨*•♫♪。✿


[11]

Dari Tomang ke Kali Sapu
Bawa tampah menjemur ikan
Kamu memang pintar menyapu
Semua sampah masih berserakan


[12]

Memang indah bunga selasih
Bila dipandang tiada jemu
Ayo kita bersih-bersih
Sebersih cintaku kepadamu


[13]

Nemu gelang di pekarangan
Sayang gelang sudah karatan
Siapa buang sampah sembarangan
Pasti pacarnya orang utan


[14]

Kalau menatap cendrawasih
Tak berkedip dua mata
Kalau kamu hidup bersih
Aku akan makin cinta


[15]

Kaki luka terkena bata
Waktu lari dikejar singa
Jangan suka menanam cinta
Lebih baik menanam bunga


Itu bukan kumpulan pantun lucu lho. Itu adalah contoh pantun jenaka anak.

Temanya adalah kebersihan. Jadi pantun jenaka isinya tidak harus ejekan, hinaan, sindiran, ataupun olok-olokan.

Pantun jenaka bisa dikombinasikan dengan pantun lainnya. Misalnya pantun nasehat. Coba deh lihat pantun nasehat yang lucu di sini tentang kebersihan.




Pantun Jenaka Anak Muda Lucu



Apakah kamu sudah lulus sekolah dasar? Atau sudah lulus SMP, SMA?

Kalau sudah selesai sekolahnya, pasti kamu sudah beranjak dewasa. Kamu seorang remaja. Bukan anak-anak lagi.

Ya. Itu artinya kamu adalah anak muda.

Anak muda suka bicara tentang: cinta, rindu, patah hati, kekasih, ataupun pacar.

Kadang-kadang galau, lebay, atau sukanya menggombal. Mana yang sering kamu lakukan?

Nih sebagai bonus. Silakan klik!


Sebenarnya ngga sampai 1001 bait. Coba aja lihat dulu. Ada berapa bait?

Di bawah ini juga akan disajikan beberapa bait: lucu, lebay, dan tentang cinta. •*¨*•♫♪。✿



[16]

Anak laki minumnya milo
Untuk menjaga kesehatan
Begini nasib jadi jomblo
Orang bermesraan kita gemetaran


[17]

Jadi kuli bukan angan-angan
Tiap  hari badan keringatan
Setiap kali berangkat kondangan
Pengen sekali bisa gandengan


[18]

Tujuh bintang untuk raja
Bintang Timur sangat bersinar
Kamu datang merayu saja
Kapan datang untuk melamar


[19]

Air cuka tempatnya bulat
Bulat hati karena tekad
Jangan suka memberi coklat
Mari kita lakukan akad


[20]

Putih tangan putih betis
Bibir indah sangat mereka
Saya ini tidak romantis
Romantisnya kalau sudah nikah





Pantun Jenaka dan Nasehat



Berikutnya adalah pantun jenaka dan pantun nasehat. Kenapa pantun nasehat?

Karena biasanya kita belajar pantun jenaka dan nasehat bersama-sama. Selain itu biasanya ditambah pantun teka-teki.

Itulah sebabnya...

Bacalah campuran pantun jenaka dan nasehat di bawah ini.


[21]

Kayu tumbuh silang menyilang
Adik jatuh langsung dibopong
Lucunya bukan kepalang
Melihat kakek giginya ompong 


[22]

Bayi kecil tidur anteng
Jaga mulut jaga lisan
Dia itu memang ganteng
Sayang masih sering ingusan
  

[23]

Ibu berjualan di tengah pasar
Pasar baru Tanah Gempol
Badannya sih memang besar
Tapi masih suka ngompol


[24]

Pergi ke kota di hari raya
Hati baik tak buruk sangka
Mari kita berpantun ria
Pantun nasehat dan jenaka


[25]

Kuda hitam amat tangguh
Larinya kencang tak terkejar
Mari berjuang sungguh-sungguh
Terus belajar agar pintar


[26]

Si kancil bisa mengejar
Tiada pernah hatinya gentar
Masih kecil rajin belajar
Sudah besar makin pintar


[27]

Tanam tomat di gunung biru
Di ladang itu kita bertemu
Mari hormat kepada guru
Guru laksana jembatan ilmu


[28]

Anak manis orangnya santun
Nenek tua jalan dituntun
Bolehlah kita bermain pantun
Pantunnya bagus sebagai penuntun


[29]

Mari beriman kepada takdir
Mari takut kepada neraka
Bolehlah sindir menyindir
Sindiran lewat pantun jenaka


[30]

Pakaian bagus cenderawasih
Sobek tertusuk duri
Cukup sekian terimakasih
Saya hendak undur diri




La la la ... •*¨*•♫♪。✿. Tak terasa. Ternyata sudah banyak bait pantun yang dibuat.

Sayangnya tidak sampai 1001 bait.

Saya harapkan kalian semua menyukai kumpulan contoh pantun jenaka anak sekolah di atas.


Related Posts

Previous
Next Post »